Adakah amalan yang lebih baik dari pada I’tikaf di masjid Nabawi?

Assalamuallaikum wr, wb,

Teman2 yuk baca sebentar,

Ada hadist menarik yang sungguh sangat sayang bila teman2 sekalian tidak megetahuinya.

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Allah SWT terhadap kita manusia, umat akhir zaman melalui Nabi besar kita Rasulullah SAW. Lewat tutur beliau bersabda:

وَأَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْناً، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوْعًا وَ لَأَنْ أَمْشِيْ مَعَ أَخٍ فِي حَاجَةٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا المَسْجِدِ ، ( يَعْنِي مَسْجِدُ النَبَوِي ) شَهْرًا

“…Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, dan pekerjaan yang paling dicintai Allah adalah menggembirakan seorang muslim, atau menjauhkan kesusahan darinya, atau membayarkan hutangnya, atau menghilangkan laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’ktikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan…” (HR. Thabrani di dalam al-Mu’jam al-Kabir, no. 13646).

Sungguh beruntung kita apabila mengetahui hadist ini. Membantu sesama muslim dalam kesusahan dan musibah sungguh lebih baik dari pada I’tikaf di masji Nabi. Sungguh amalan yang tidak kita sangka besarnya, bahkan lebih besar daripada berdiam diri di masjid selama satu bulan untuk beribadah (i’tikaf) di Masjid Nabawi.

Coba bayangkan, seberapa mampu kita melakukan I’tikaf di masjid Nabawi dengan harta, benda, dan tenaga kita untuk 1 hari saja, ya satu hari saja?? Apalagi sebulan.Dari hadist tersebut cukuplah menggembirakan seorang muslim dalam keperluanya maka itu setara dengan I’tikafnya di masjid Nabawi. Sungguh ini amalan yang sangat luar biasa yang mampu memompa semangat akan arti pentingnya membantu dan membersamai saudara kita. Semoga ini mampu menjadi inspirasi bagi kita semua. Aminn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s