Ini Blog Ku, Mana Blog Mu … ?

Saya adalah Mahendra, lulusan Mechanical Engineering yang masih mau belajar dan berkembang. Saya kelahiran Solo, di kota nan indah dan tentram itu lah saya dibesarkan, namun rentang 10 tahun ini hidup saya berpindah-pindah karena alasan tertentu.

Cerita, pasti semua punya cerita unik masing-masing, yang dimana berasal dari pengalaman pribadi atau orang lain yang mengesankan dan syarat akan nilai-nilai tertentu. Tentu saja cerita yang menarik untuk orang lain pastinya akan membuat orang lain merasa terispirasi dan mampu belajar banyak dari apa yang mereka baca atau dengar. Cerita memiliki cakupan yang sangat luas dan tak terbatas karena memiliki karakteristik tersendiri dari masing-masing personal. Banyak cerita yang sudah terjadi, dikembangkan dan dibuat hinga sekarang ini. Terlepas itu cerita nyata atau tidak dan apapun jenisnya, cerita merupakan pikiran manusia tentang apa yang ingin ia ucapkan dan dibagikan untuk orang lain.

Pada jaman modern seperti sekarang ini, dimana media sudah berkembang pesat dan tidak memiliki keterbatasan, sangat lah mudah untuk membagi, memperoleh atau membaca cerita. Pada dasarnya cerita itu adalah informasi yang dikemas dan dibumbui oleh opini pribadi atau hal-hal lain dengan tujuan tertentu. Cerita yang dihadirkan pun beragam dan sangat terorganisir dengan bantuan beberapa alat bantu. Blog merupakan salah satunya, yang merupakan wadah untuk menumpahkan emosi melalui cerita dalam bentuk tulisan. Saya lebih nyaman menyebutnya sebagai cerita, bukan sebagai informasi atau berita, karena blog yang saya buat ini bertujuan menceritakan opini-opini saya terhadap berbagai hal dan bidang, serta sebagai cerita non fiksi pribadi saya atau perjalanan hidup saya. Apakah hidup saya luar biasa untuk diceritakan? mungkin iya dan mungkin tidak, bagi sebagian orang, tapi saya bermaksud untuk mencoba me-share apapun itu untuk orang lain. Mungkin akan banyak tanggapan bagi yang membacanya dan saya yakin bahwa semuanya pasti ada baik dan buruknya. Jadi saya putuskan untuk mencoba membagi informasi yang saya miliki. Apakah ada manfaat lain? Tentu saja, bagi saya berbagi cerita lewat blog bisa untuk latihan menulis dan mengembangkan kerangka berfikir lewat tulisan. Tulisan dalam hal ini bukan berarti menulis menggunakan pensil/tinta, melainkan sudah meluas artinya setelah ditemukanya teknologi komputer. Selain itu bagi yang suka menulis buku diary, blog sangat membantu anda untuk menuliskan kisah hidup anda sehingga lebih sistimatis dan terorganisir tetapi bersifat public atau dapat dinikmati oleh semua orang. Bagi anda yang senang menulis pasti sangatlah mengenal blog ataupun media media lainya yang membantu dalam menulis.

Mari kita budayakan menulis, karena itu sangatlah bermanfaat sekali, dengan menulis kita membiasakan diri mengolah informasi yang kita dapat dan berusaha membaginya dengan orang lain. Dalam proses memperoleh informasi itu kita juga secara tidak langsung belajar membiasakan diri membaca dan yang perlu diperhatikan dalam menulis ialah aturan dan norma yang berlaku didalamnya. Itulah sekelumit cerita tentang blog menurut pandangan saya dan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

